Minggu, 07 Juli 2013

THE DANCING GRASS



Sebenarnya Desmodium gyrans itu adalah nama latin tumbuhan yang ada di dunia. Di Indonesia sih katanya ada.

Aku pake Desmodium gyrans jadi nama blog, karena tumbuhannya unik. Mungkin ada alasan lain, tapi nda tau alasannya *krik..

Well, let me introduce this thing!

Desmodium gyrans punya nama beken DANCING GRASS atau rumput menari atau atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), Kenapa begitu? Karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. 



Mungkin alasanku karena dancing grass kali ya, kan aku suka ngeliat orang nge-dance tapi cuma punya nyali nge-dance dalam kamar mandi atau kamar-___- (Hoooammm)

Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius.

Desmodium gyrans ini adalah tanaman semak tropis Asia yang mampu bergerak cepat. Tanaman ini bisa ditemui di beberapa negara berikut; Bangladesh, Bhutan, Kamboja, Cina, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Bahkan juga dapat ditemukan di Kepulauan Society, sebuah kepulauan terpencil di Pasifik Selatan.

Sesungguhnya aku belum pernah ngeliat tanaman ini di Indonesia. Mungkin ada kali ya ditemukan di hutan tropis Kalimantan.

Tanaman ini gampang sekali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

Desmodium Gyrans adalah tanaman yang memiliki keistimewaan. Beberapa keistimewaan yang dimiliki desmodium gyrans adalah mudah tumbuh dan akan "menari-nari" pada saat banyak sinar matahari atau dalam keadaan kering.  Desmodium Gyrans yang mengandung sejumlah kecil tryptamine alkaloid dalam daun dan akarnya jika berbunga, maka bunga yang dihasilkannya berupa bunga ungu kecil.





Semakin penasaran pengen ngeliat semak ini pas nge-dance. That's all about Desmodium gyrans, The dancing grass! 

Thanks to : http://ournature-knightangga.blogspot.com for the information
Pictures as usual www.google.co.id

Terima kasih , gamsaa :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar