Jumat, 02 September 2011

PIDATO LINGKUNGAN HIDUP

BY: Me, NisaVivi


PIDATO LINGKUNGAN HIDUP

Assalamu’alaikum warahmatullahhi wabarakatuh
Yth. Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru, dan teman-teman

Marilah kita panjatkan puji dan syukur  kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat dan karunia-Nya kita masih diberi kesempatan untuk dapat berkumpul pada hari ini. Saya akan menyampaikan pidato tentang Lingkungan Hidup.
Teman-teman yang berbahagia,
Sesuai dengan slogan “Bersih Pangkal Sehat”, maka lingkungan yang bersih berdampak pada kesehatan kita.Di lingkunagn yang bersih jarang sekali ada nyamuk-nyamuk, lalat, dan hewan pembawa penyakit.  Lingkungan yang sehat membuat tubuh kita sehat pula, sebaliknya lingkungan yang kotor membuat tubuh mudah terserang penyakit. Lingkungan yang bersih dan sehat dapat menunjang prestasi . Kita dapat belajar dan berfikir dengan tenang di lingkungan yang bersih. Di lingkungan yang kotor kita susah sekali belajar dan berfikir. Disaat kita belajar terkadang tercium bau yang tidak sedap.
Teman-teman,
Kebersihan diterapkan sejak dini dimulai dari unit yang terkecil yaitu, diri sendiri, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan individu adalah dengan menerapkan kebersihan terhadap diri sendiri. Di dalam lingkungan keluarga menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan rumah dan rumah harus memilki syarat kesehatan. Kebersihan kamar mandi, WC, halaman rumah harus selalu dijaga agar penyebaran dan penularan penyakit dapat terhindar. Penerapan kebersihan di lingkungan sekolah adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, membuang sampah sesuai dengan tempatnya, membersihkan taman-taman sekolah. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan masyarakat misalnya dengan tidak meludah sembarangan karena dapat menyebarkan penyakit, tidak membeli makanan di pinggir jalan, tidak buang air besar/kecil sembarangan.
Teman-teman yang saya sayangi,
Membuang sampah pada tempatnya merupakan hal kecil yang harus kita lakukan. Buanglah sampah sesuai dengan tempatnya. Daun-daunan, kertas buanglah di tempat sampah organic. Plastic/kemasan buang di tempat sampah anorganik. Kaca, seng, benda-benda berbahaya buang pada tempat sampah Bahan Berbahaya Beracun/B3 dan tutuplah bak sampah agar lalat tidak berkumpul si situ. Sampah yang berserakan membuat lalat, tikus, kecoak senang berkumpul di situ. Hewan tersebut dapat menyebarkan penyakit perut misalnya disentri, kolera, tifus.
Teman-teman,
Setiap individu bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan. Banyak hal-hal yang dapat kita lakukan seperti, menjaga kebersihan tubuh, secara rutin mandi 2 kali sehari, menggosok gigi 3 kali sehari, memotong kuku yang sudah panjang, dll. Kesimpulan yang dapat diambil dari pidato ini adalah dengan menjaga kebersihan hidup kita akan menjadi sehat. Kebiasaan baik yang kita lakukan dalam diri kita dengan sendirinya akan diterapkan dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Demikian pidato dari saya, mohon maaf jika ada tutur kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas waktunya.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Nama    : Nisal Afifatush Shalihah 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar